Dosen Fakultas Teknik Mendominasi Perolehan Hibah Penelitian Dosen Pemula dan Penelitian Terapan LLDIKTI Tahun Anggaran 2020

Salah satu tolok ukur keaktifan seorang dosen menurut Tri Dharma Pendidikan yang harus mencakup Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian, adalah keaktifan dosen dalam melakukan penelitian. Hal tersebut dapat terlihat dari keterlibatan dosen dalam penelitian lokal baik itu dengan pendanaan mandiri atau pendanaan hibah, sedangkan untuk pendanaan hibah dapat berupa hibah lokal universitas atau hibah dari LLDIKTI.

Pada tahun ajuan 2020 Fakultas Teknik telah berhasil meloloskan sepuluh proposal penelitian hibah LLDIKTI dengan kategori; delapan judul untuk Penelitian Dosen Pemula serta dua judul untuk Penelitian Terapan, hal tersebut dapat menjadi gambaran dari keaktifan para dosen di Fakultas Teknik.

Adapun judul-judul proposal tersebut yang tersusun secara alphabet nama dosen sebagai berikut:

  1. Aplikasi Penilaian Mandiri Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Menggunakan COBIT 5. Untuk Efisiensi Potret Kondisi Dalam Mendukung Penerapan Kota Cerdas, yang diajukan oleh Aisyah Nuraeni, ST., MT.
  2. Perbandingan Kehandalan Algoritma LRU, FIFO, SOFT Dan WEAK Dalam MyBatis Framework Serta Interaksinya Terhadap Database MySQL Dalam Lingkungan Java Platform, yang diajukan oleh Arief Ginanjar, ST., M.Kom.
  3. Pengembangan Model Pengukuran Tingkat Pelayanan Transportasi Umum Yang Ramah Gender, Anak, Dan Kelompok Berkebutuhan Khusus, yang diajukan oleh Bayu Kania, ST., MT.
  4. Analisa Kebutuhan dan Pengaturan Pola Ruang Parkir Untuk Mengurangi Kepadatan Kendaraan di Lingkungan Kampus, yang diajukan oleh Linda Aisyah, S.ST., MT.
  5. Perancangan Sistem Otomatisasi Penjadwalan Pakan Ikan Berbasis Radio Frekuensi, yang diajukan oleh Roy Chaidir, ST., MT.
  6. Rancang Bangun Sistem Manajemen Sampah Plastik Botol Kemasan Air Minum Berbasis Internet of Things dan Fintech, yang diajukan oleh Sutisna Abdul Rahman, ST., MT.
  7. Model Pengembangan Ecohousing dengan Pendekatan Water Sensitive Urban Design (WSUD) pada Kawasan Bandung Utara, Studi kasus : Kelurahan Citeureup, yang diajukan oleh Tika Novisputri, ST., MT.
  8. Simulasi Sistem Lampu Mobil Dinamis Untuk Kenyamanan Berkendara Pada Malam Hari Menggunakan Arduino, yang diajukan oleh Zulkarnain, ST., MT.

Sedangkan judul untuk Penelitian Terapan yaitu “Model Pemeliharaan Armada Bis Kota DAMRI Berbasis Data Real Time” yang diajukan oleh Ibu Dr. Hj. Hennie Husniah, Dra., MT. yang sudah memasuki tahun ke tiga. Kemudian “Indonesian Sign Languange Recognition (INSL) Menggunakan Algoritma Elm dan Sistem Time Of Flight Kamera Untuk Komunikasi Antara Penderita Tuna Rungu, Tuna Wicara Dan Masyarakat Normal” yang diajukan oleh Ibu Andriana, ST., MT. yang sudah memasukan tahun ke dua. Jangan dilupakan juga salah satu penunjang tri dharma pendidikan yaitu pengabdian kepada masyarakat; dimana Bapak Rohmana, ST., MT. juga telah mendapatkan hibah PKM dengan judul “Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Pembuatan Gerobak Pemulung Sampah Sebagai Sumber Penghasilan Masyarakat Ekonomi Lemah Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung”