Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana ikut partisipasi dalam Program Pemerintah Percepatan Sertifikat Kompetensi Ahli dibawah Kementerian PUPR

Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa serta daya saing lulusan didalam dunia kerja, empat program studi yang berada dibawah naungan Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana yaitu Teknik Industri, Teknik Sipil, Arsitektur dan Teknik Elektro melakukan kerjasama dengan Kementerian PUPR Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta berupa kerjasama pelatihan dan percepatan Sertifikat Kompetensi Ahli (SKA) untuk tingkat Sarjana.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan para mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut supaya kompetensi keahlian setiap individu dapat meningkat dan mempunyai daya jual yang lebih tinggi. Adapun kegiatan tersebut akan dimulai pada minggu ke empat bulan Agustus 2020 yang akan diikuti oleh 138 peserta.

Dikutip dari website www.pu.go.id bahwa Program sertifikasi juga akan berpengaruh kepada kesejahteraan tenaga kerja konstruksi karena besaran upah yang diterima mengacu billing rate atau standar upah yang sudah ditetapkan berdasarkan sertifikat yang dimiliki. Demikian pula bila yang bersangkutan bekerja di luar negeri.

“Terlebih dalam pelelangan proyek konstruksi, kepemilikan sertifikat keahlian adalah keharusan karena sudah diatur dalam UU No.2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Artinya orang yang punya sertifikat tidak akan menganggur atau lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan,” ujar Menteri Basuki.