Dies Natalis ke 25 Teknik Informatika Menyelenggarakan Webinar Peluang dan Tantangan Pengembangan Teknologi Disruptif Menuju Era Society 5.0

Program Studi Informatika Universitas Langlangbuana bersama HMJ IF (Himpunan Mahasiswa Jurusan Informatika) Universitas Langlangbuana telah mengadakan kegiatan Dies Natalis yang ke 26 di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang diselenggarakan pada 9 Januari 2021 hingga 16 Januari 2021 secara daring. Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik, dengan antusias para partisipan mahasiwa Prodi Informatika Universitas Langlangbuana serta masyarakat umum yang mengikutinya. Tema yang diangkat untuk kegiatan ini adalah “Infinity Fest”, dimana konsep Dies Natalis tahun ini sangatlah berbeda dengan kegiatan ditahun sebelumnya sehingga mengharuskan kegiatan ini dilakukan secara daring. Meskipun begitu, kegiatan ini tetap terlaksana tanpa mengurangi rasa syukur dan kebahagiaan atas peristiwa penting yang menandai awal berdirinya program studi ini. Selain itu, Dies Natalis mempunyai makna bukan hanya sekedar sebuah pertanda bertambahnya usia, melainkan sebagai tanda tingkat kedewasaan dalam berkarya. Apalagi bagi sebuah perguruan tinggi yang mempunyai fungsi utama melahirkan dan mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan profesional.

Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat para civitas akademika Program Studi Informatika Universitas Langlangbuana dan menjadi penghalang untuk menyelenggarakan kegiatan dalam menghasilkan karya, terutama di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dies Natalis ke-26 ini memiliki dua rangkaian acara diantaranya E-Sport Competition dengan tema “Informatic Mobile Legend Cup” serta webinar sebagai acara puncak dengan tema “Peluang dan Tantangan Pengembangan Teknologi Disruptif Menuju Era Society 5.0”. Untuk E-Sport, kegiatan ini sengaja digelar dengan tujuan menjadi sebuah wadah bagi masyarakat umum untuk berkompetisi di tengah maraknya popularitas olahraga elektronik yang banyak digandrungi oleh kaum millenial belakangan ini.

Sedangkan untuk webinar, panitia menghadirkan dua pemateri yakni Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., M.A. (Guru Besar Bidang Komputer Perbanas Institute) dan Ir. Ashwin Sasongko Sastrosubroto, M.Sc., Ph.D., IPU. (Anggota Dewan TIK Nasional). Tema yang diusung merujuk kepada teknologi baru atau inovasi teknologi yang memiliki efek mentransformasi pasar dan teknologi yang ada secara radikal sehingga menghasilkan peluang dan tantangan tersendiri. Serta membahas mengenai perilaku dan pandangan masyarakat terhadap teknologi, yang diharapkan bagaimana nantinya masyarakat harus siap menghadapi era Society 5.0.