Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana melaksanakan Pelatihan dan Uji Sertifikasi K3 bekerjasama dengan MVP Savety LSPTTI

Menurut BPS, jumlah pengangguran pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan tercatat sebanyak 23% dan Sarjana sebanyak 9,3 %. Salah satu penyebab utama adalah ketidak-selarasan kompetensi yang dimiliki lulusan dengan yang kebutuhan industri. Pelatihan peningkatan kompetensi adalah salah satu kegiatan yang dapat menjembatani kesenjangan tersebut, sekaligus dapat mendorong lulusan dan calon lulusan yang bekerja di bidang konstruksi. Program ini juga mendorong pencetakan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat sebagaimana diamanatkan pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang kewajiban kepemilikan Sertifikat Kompetensi Kerja sebagaimana diatur dalam Pasal 70 ayat (1) dan (2).

Multi Visi Plan Safety (MVP-Safety) bekerjasama dengan Universitas Langlangbuana menyelenggarakan pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi di TUK MVP Safety LSPTTI dengan 2 jenis skema yaitu Operator dan Ahli K3. Pelatihan ini diselenggarakan di Kampus Universitas Langlangbuana Jalan Karapitan 116 Bandung 40261 selama 2 hari, Kamis dan Jumat, tanggal 28-29 Juli 2022. Hari pertama para peserta mendapatkan materi pembekalan pada jam 08.00 – 16.00 dan uji kompetensi di hari kedua dari jam 08.00 pagi hingga selesai. Uji kompetensi dilakukan oleh empat orang Asesor yang ditunjuk oleh BNSP sebagai penguji. Sebagai narasumber adalah Drs. Tia Sugiri, ST., M.Pd dari DPD ASTTI Jabar dan Sucipto, S. Sos., M.Si dari BNSP. Acara ini diikuti oleh 43 orang mahasiswa dan dosen yang terdiri atas 20 orang peserta yang memilih skema Ahli K3 umum dan 23 orang memilih skema Operator K3 yang diikuti oleh mahasiswa Teknik Industri, Teknik Sipil dan Teknik Elektro.